Sabtu, 31 Desember 2016

Tips Dan Trik Hemat BBM Kendaraan Anda

Tips Dan Trik Hemat BBM Kendaraan Anda
Tips Dan Trik Hemat BBM Kendaraan Anda

Bahan bakar kini semakin mahal di negeri ini, menyikapi kondisi tersebut tidak ada jalan lain kecuali menghemat pemakaian bbm kendaraan anda. Sebagian orang mungkin memilih menggunakan transportasi umum demi menghemat biaya membeli bbm, namun bagaimana bagi anda yang memiliki aktifitas yang wajib menggunakan kendaraan sendiri. Berikut beberapa tips sederhana cara hemat bbm kendaraan anda.
– Pastikan kendaraan anda dalam kondisi sehat.
Pemeriksaan secara rutin pada setiap komponen kendaraan dapat memberikan informasi bagian komponen yang sudah tidak layak dan menimbulkan kendaraan menjadi boros bbm
– Gunakan Ban yang tepat
Cara hemat bbm lainnya adalah menggunakan ban yang memiliki karakteristik resistance rendah. Type ban dengan rolling resitance rendah pada sebuah ban dapat membantu ban berputar dengan hambatan yang kecil sehingga berdampak pada mengurangnya penggunaan bbm
– Perhatikan tekanan angin pada ban
Selalu pastikan tekanan angin pada ban anda sesuai dengan aturan standar jenis mobil anda. Tekanan angin yang kurang pada ban dapat membuat mesin bekerja lebih berat yang berakibat terjadinya boros BBM.
– Batasi beban kendaraan
Perhatikan beban kendaraan anda, bawalah barang-barang yang memang penting dan sesuai dengan kebutuhan anda. Semakin ringan beban yang anda bawa, maka semakin ringan kerja mesin kendaraan anda. Selain itu hindari membawa muatan penumpang yang melebihi kapasitas. Kapasitas berlebih pada kendaraan akan memaksa setiap komponen kendaraan bekerja lebih extra sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan pada komponen kendaraan dan berakibat borosnya penggunaan BBM
– Hemat AC Hemat BBM
Gunakan AC secara bijak. Pemakaian AC full secara kontinue akan menambah beban kerja mesin. Atur temperatur AC sesuai dengan kebutuhan. Gunakan kaca film yang dapat menolak panas secara baik. Penggunaan kaca film dapat membantu anda menggunakan AC dengan tempratur rendah.
– Modifikasi Kendaraan
Jika memungkinkan modifikasi kendaraan anda dari sisi exterior, interior dan mesin. Perhatikan dan pertimbangkan aspek modifikasi yang dapat menghemat penggunaan BBM kendaraan anda.
– Tata Cara Berkendara
Usahakan berkendara dengan santai, prilaku ini dapat membantu anda mengontrol kendaraan dengan benar. Pilihlah waktu dan rute berkendara yang memiliki faktor minim hambatan. Hindari jalan rusak dan macet, dan atur kecepatan kendaraan pada kecepatan konstan.
Tips-tips diatas jika anda lakukan dapat membantu anda meng-hemat bbm kendaraan anda secara maksimal.
Artikel Terkait :

Via : superpolishpremium.com/
0 Komentar untuk "Tips Dan Trik Hemat BBM Kendaraan Anda"